Orang Terdekat Bisa Jadi Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Peran Penting Orang Tua dalam Pencegahan

- 6 Juli 2023, 15:24 WIB
Orang Terdekat Bisa Jadi Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Peran Penting Orang Tua dalam Pencegahan
Orang Terdekat Bisa Jadi Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Peran Penting Orang Tua dalam Pencegahan /

PURBALINGGAKU- Kekerasan seksual terhadap anak merupakan kejahatan yang memprihatinkan dan menyebabkan dampak yang merusak bagi perkembangan anak. 

Fakta yang mengerikan adalah, pelaku kekerasan seksual sering kali adalah orang terdekat dari anak tersebut. 

Untuk itu, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah kejahatan ini dan melindungi anak-anak mereka.

Salah satunya orang tua harus memberikan pendidikan seks sejak dini kepada anaknya dalam rangka langkah preventif agar tidak terjadi kekerasan seksual di kemudian hari. 

Baca Juga: Tersangka Pembelian Tembakau Sintetis Online Ditangkap di Purbalingga

Orang tua harus lebih dekat dan berkomunikasi intens agar dapat memberi perlawanan terhadap orang yang menjamah area tubuh sensitif harus diberitahukan kepada anak.

Dinsos Dalduk KBP3A, Tuti Hidayati mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat tentang kekerasan seksual perlu dilakukan agar bisa mereduksi tindak kekerasan seksual kepada anak, saat ditemui di Kantor Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos DaldukKBP3A) Purbalingga Kamis (6/7/2023).

Menurutnya, kekerasan seksual yang terjadi terhadap anak bisa saja dilakukan oleh orang terdekat seperti ayah tiri, ayah kandung, tetangga bahkan saudaranya.

Maka dari itu "Anak perlu diberikan pendidikan seksual secara berulang bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang oleh orang lain. Perlu mengetahui batasan sehingga tidak terjadi kekerasan seksual pada anak, bila perlu menjerit, lari atau sebagainya," ucapnya.

Halaman:

Editor: A.N Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah