1000 Pelajar SMA-SMK di Purbalingga akan Jalani Skrining Thalassemia

- 26 September 2023, 19:12 WIB
Pelajar SMA-SMK di Kabupaten Purbalingga mulai jalani skrining Thalassemia secara bertahap di Pendopo Dipokusumo, Selasa (26/9/2023).
Pelajar SMA-SMK di Kabupaten Purbalingga mulai jalani skrining Thalassemia secara bertahap di Pendopo Dipokusumo, Selasa (26/9/2023). /Dok Humas Pemkab Purbalingga/

PURBALINGGAKU - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap masyarakat bisa lebih waspada terhadap upaya pencegahan dan penanganan penyakit Thalassemia.

Untuk itu, dia berharap banyak kepada Perhimpunan Orangtua Penyandang Thalassemia Indonesia (POPTI) Purbalingga untuk bisa memberikan edukasi dan menggiatkan Skrining Thalassemia sejak dini.

“Besar harapan saya masyarakat Purbalingga, khususnya para pelajar SMA/SMK akan lebih aware apa itu penyakit Thalassemia. Karena pada dasarnya penyakit ini bisa dicegah, salah satunya dengan melakukan skrining,” ucap Tiwi di Pendopo Dipokusumo, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Roadshow Pemulihan Ekonomi Kalimanah, Tiwi Kenalkan Produk Daur Ulang Limbah Plastik

Dijelaskan, saat ini ada 86 pasien Thalassemia di Kabupaten Purbalingga. Sejalan dengan cita-cita POPTI untuk zero Thalassemia di tahun 2027, pemerintah daerah terus memberikan dukungan pada upaya pencegahan kasus Thalassemia, salah satunya dengan skrining Thalassemia kepada 1.000 pelajar SMA/SMK se Kabupaten Purbalingga.

“Kegiatan skrining ini dalam rangka melakukan deteksi dini. Jika kemudian diketahui ada pelajar yang terdeteksi membawa gen Thalassemia, paling tidak kita bisa memberikan edukasi dalam rangka pencegahan munculnya Thalassemia mayor,” kata bupati.

Lebih lanjut, Bupati Tiwi menuturkan, pemkab secara rutin memberikan anggaran hibah sebesar Rp 162 juta per tahun yang diperuntukkan bagi penderita Thalassemia, yakni untuk bantuan transportasi dan pemberian makanan tambahan.

Baca Juga: Germas Pengadegan Purbalingga: dari Senam hingga Makan Buah Bersama

Insya Allah pemerintah daerah tidak tutup mata terkait Thalassemia di Purbalingga,” ujar Bupati Tiwi.

Halaman:

Editor: M Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x