Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Dana Indonesiana Tahun 2023, Cek Kategori dan Sasaran Penerima

- 17 Juli 2023, 14:42 WIB
Kemendikbudristek) Indonesia telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk program Dana Indonesiana tahun 2023.
Kemendikbudristek) Indonesia telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk program Dana Indonesiana tahun 2023. /

 

PURBALINGGAKU – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk program Dana Indonesiana tahun 2023.

Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan pendidikan, riset, dan teknologi di Indonesia melalui pemberian dana kepada individu, organisasi ataupun lembaga.

Adapun bantuan pemerintah ini ditujukan kepada para pelaku budaya yang disalurkan melalui pemanfaatan Dana Abadi Kebudayaan, sesuai dengan amanat yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengungkapkan bahwa, pembiayaan untuk kegiatan kebudayaan selama ini masih sangat minim, sehingga berbagai inisiatif dan kreatifitas bidang kebudayaan tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Baca Juga: Tragis! Kecelakaan di Desa Majasari Merenggut Nyawa Seorang Pengendara Motor

Lebih lanjut, Hilmar mengatakan bahwa, melalui Dana Abadi Kebudayaan diharapkan kondisi tersebut dapat diatasi dan diperbaiki sehingga berbagai inisiatif masyarakat di bidang kebudayaan tersebut dapat diakomodir dan difaslitasi sebagai investasi jangka panjang. 

"Dengan kata lain kita berharap melalui pendanaan ini akan memperluas akses masyarakat pada sumber pendanaan untuk memperkuat keterlibatan publik dalam ekosistem pemajuan kebudayaan yang berkelanjutan," sambung Hilmar pada Senin (17/7).

Program layanan pengembangan Dana Indonesiana dibagi menjadi beberapa kategori dengan sasaran penerima manfaat meliputi perseorangan, komunitas/organisasi kebudayaan dan Lembaga yang bergerak di bidang kebudayaan.

Baca Juga: Empat Orang Kakek Tega Setubuhi Anak Berusia 14 Tahun Hingga Hamil

Halaman:

Editor: A.N Setiawan

Sumber: Kemendikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah